LIVE STREAMING

UG NEWS

Universitas Gunadarma Peringati Hari Hutan Internasional

Senin, 21 Maret 2022 Universitas Gunadarma memperingati Hari Hutan Internasional di UG Technopark, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat. Dengan mengusung tema Rimba di Nusantara, acara tersebut juga membahas tema khusus yaitu bagaimana Production and Consumtion pemanfaatan hutan diterapkan di Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur. Disiarkan secara langsung melalui saluran kolaborasi Live Broadcasting UGTV dan media cloud meeting Zoom dari UG Technopark, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Acara peringatan Hari Hutan Internasional ini dipandu oleh Dr. dr. Matrissya Hermita, M.Si., M.I.Kom dan Prof. Dr. Ir. Budi Hermana, M.M, sebagai host dihaduru oleh narasumber-narasumber yaitu Rektor Universitas Gunadarma, Ibu Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM, Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University, Bapak Prof. Dr. Ir. Bambang Hero Saharjo, M.Agr., Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Bapak Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, dan Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Ibu Prof. Dr. Ir. S.M. Widyastuti, M.Sc.

Pengangkatan tema khusus Production and Consumtion mengenai pemanfaatan hutan yang diterapkan di Ibu Kota Negara merupakan pembahasan menarik dari para narasumber pakar dari kehutanan. Pemanfaatan IT dalam konsep kehutanan, berbagai tantangan besar seperti menambah luas kawasan untuk mendorong terbentuknya tiga konsep kota forest city, smart city dan sponge city. Tantangan besar mengenai alih fungsi hutan dan berbagai aspek sosial, ekonomi dan pelestarian alam yang tentu tidak mudah dan memerlukan proses yang panjang, juga tantangan manajemen resiko yang perlu dipertimbangkan.

Topik yang dibahas dalam peringatan hari hutan internasional ini sangat kental berkaitan dengan proses pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur. Proses tersebut memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, tidak hanya dari para ahli kehutanan, namun juga dari masyarakat, para akademisi dan juga pemerintah. Pembangunan Ibu Kota Negara Baru ini merupakan pekerjaan berat yang memerlukan kekompakan yang solid dari berbagai pihak. Semoga kedepannya dapat tercipta Ibu Kota Negara yang baik dan mampu memenuhi fungsi-fungsi Ibu Kota Negara yang semestinya bagi negeri kita tercinta Indonesia.

Universitas Gunadarma Peringati Hari Air Interasional

Selasa, 22 Maret 2022 Universitas Gunadarma memperingati Hari Air Interasional yang disiarkan secara langsung pada program Eksklusif Bersama UG. Acara ini mengusung tema World Water Day “Air Nusantara” dengan tema khusus Grown Water Making Invisible Visible. Disiarkan secara langsung melalui saluran kolaborasi Live Broadcasting UGTV dan media cloud meeting zoom. Live dari UG Technopark, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat. Acara ini dipandu oleh Dr. dr. Matrissya Hermita, M.Si., M.I.Kom dan Prof. Dr. Ir. Budi Hermana, M.M, sebagai host dengan menghadirkan narasumber-narasumber, diantaranya Rektor Universitas Gunadarma Ibu Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM, Guru Besar Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian Institut Teknologi Sepuluh Nopember Bapak Prof. Dr. Ir. Nadjaji Anwar, M.Sc dan Guru Besar FPIK Budidaya Perairan Univeristas Mulawarman Ibu Prof. Dr. Esti Handayani Hardi, S.Pi.,M.Si, dan Guru Besar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Ibu Prof. Dr. Ir. Andi Niartiningsih, MP.Pengangkatan tema khusus Grown Water Making Invisible Visible memiliki makna mendalam “Bagaimana keberadaan air tanah yang tidak terlihat ternyata menjadi penyokong kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi dan bagaimana dengan tata kelola supaya sistem tersebut menjadi berkelanjutan”. Tentunya dengan dihadiri oleh para ahli, acara tersebut membahas secara mendalam mengenai bagaimana membangunkan Indonesia yang dianggap sebagai raksasa perikanan yang sedang tertidur yang bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi nusantara, juga tentang bagaimana pengolahan air tanah yang jika tidak dengan penanganan yang tepat bisa menurunkan ketinggian tanah akibat hujan, bagaimana menjaga kelestarian air, permasalahan kelautan dan perikanan di provinsi Kalimantan Timur, serta dampak positif IKN (Ibu Kota Negara) terhadap sektor perikanan dan kelautan. Air merupakan sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup, tidak hanya eksploitasi, kita juga bertanggung jawab akan siklus kelestarian air tersebut. Tentunya kita harus bijak memanfaatkan air sebaik mungkin, karena hal tersebut juga menyangkut kehidupan anak cucu kita di generasi yang akan datang.

Peresmian dan Talkshow Pembelajaran Hybrid Adaptif di Perguruan Tinggi

Selasa, 8 Maret 2022 Universitas Gunadarma menggelar peresmian fasilitas pembelajaran hybrid adaptif dan talkshow sebagai bentuk adaptasi dari kondisi pandemi Covid-19. Acara peresmian dan talkshow ini bertempat di Gedung 4 dan 5 kampus F8 Universitas Gunadarma. Disiarkan secara langsung dengan kolaborasi cloud meeting zoom dan live broadcasting dari UGTV.

 

 

Fasilitas pembelajaran hybrid adaptif yang menggunakan teknologi terkini dinamakan sebagai UG PTM Hybrid Set. Adapaun penerapan pembelajaran adaptif ini bersifat menggabungkan pertemuan dengan 50% di ruang kelas atau luring dan 50% di rumah atau daring. Penggunaan fasilitas pembelajaran tatap muka hybrid adaptif ini akan diterapkan pada pertemuan minggu ke-3 perkuliahan, tepatnya pada Senin, 14 Maret 2022.

 

 

Peresmian fasilitas pembelajaran hybrid adaptif dilakukan dengan pemotongan pita oleh Rektor Universitas Gunadarma Ibu Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM dengan didampingi oleh Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah III DKI Jakarta Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P, dan Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefudin, M.Sc.

 

 

Acara terakhir dilanjutkan dengan Talkshow Pembelajaran Adaptif di Perguruan Tinggi dengan Tema: Adaptif Learning Sebagai Solusi Permasalahan Learning Loss.  Talkshow ini dipandu oleh Dr. dr. Matrissya Hermita, M.Si.,M.I.kom sebagai host dan Prof. Dr. Ir. Budi Hermana, MM sebagai panelis. Talkshow tersebut menghadirkan narasumber Rektor Universitas Gunadarma Ibu Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., Prof. Dr. Ing Adang Suhendra, S.Si., S.Kom., MSc. dan Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.

Peluncuran Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI bersama Universitas Gunadarma menggelar Pembukaan Peluncuran Kompetisi Inovasi Publik (KIPP) Tahun 2022 pada Kamis, 24 Februari 2022. Mengusung tema “Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aparatur, dan Transformasi Digital yang Diwujudkan dalam Inovasi Pelayanan Publik Menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Acara tersebut disiarkan secara langsung melalui saluran kolaborasi Live Streaming dan media cloud meeting platform zoom dari UGTV, Youtube Streaming Kementerian PANRB, Megaswara Network dan MGSTV di UG Technopark, Kec. Mande, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Sejak tahun 2014 Kementerian PANRB telah rutin menyelenggarakan kompetisi inovasi pelayanan publik di lingkungan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD. KIPP ini telah menjaring inovasi-inovasi pelayanan publik terbaik untuk selanjutnya ditetapkan sebagai TOP 99 inovasi pelayanan publik dan diseleksi kembali oleh tim penilai independen sehingga menghasilkan TOP 45 yang merupakan penghargaan bagi inovasi terpuji. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dengan tujuan dan harapan bahwa pembinaan inovasi merupakan upaya sistematis yang dilakukan melalui kegiatan penciptaan, pengembangan, dan pelembagaan inovasi.

Pembukaan Peluncuran Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 dilakukan secara simbolis dengan penekanan tombol di layar yang dilakukan oleh  Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI yaitu Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA dengan didampingi oleh Rektor Universitas Gunadarma sekaligus selaku Tim Evaluasi KIPP Tahun 2021 yaitu Ibu Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM sebagai tanda Pembukaan Peluncuran Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022.

Setelah prosesi pembukaan dan peluncuran KIPP 2022, acara dilanjutkan dengan Talkshow yang dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Budi Hermana, M.M, dan Dr. dr. Matrissya Hermita, M.Si., M.I.Kom. Adapun narasumber pada talkshow ini yaitu Deputi Bidang Pelayanan Publiik Kementerian PANRB, Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, MB dan Ketua Tim Panel Independen KIPP 2021, Bapak Prof. Dr. J.B Kristiadi serta Rektor Universitas Gunadarma sekaligus Tim Evaluasi KIPP 2021 Ibu Prof. Dr. E. S. Margianti, S.E., M.M.

Pengukuhan Kak Seto Sebagai Guru Besar Psikologi Universitas Gunadarma

Prof. Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. Psikolog atau lebih dikenal sebagai Kak Seto dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma Bidang Ilmu Psikologi. Pengukuhan tersebut dilakukan pada Sabtu, 18 Desember 2021 bertempat di Auditorium kampus F8 Universitas Gunadarma. Prosesi pengukuhan tersebut juga dilakukan ditengah prosesi pelantikan wisuda program D3, S1, S2 dan S3 wisudawan dan wisudawati Universitas Gunadarma periode XIII yang dilakukan secara daring melalui UGTV.

Prosesi pengukuhan Guru Besar tersebut dimulai dengan Pembacaan Ringkasan Riwayat Hidup dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang pengangkatan Prof. Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. Psikolog sebagai Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma Bidang Ilmu Psikologi yang dibacakan oleh Prof. Dr. Eri Prasetyo Wibowo, dilanjutkan dengan pemaparan orasi ilmiah Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma Bidang Ilmu Psikologi dengan judul “Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Pendidikan Nonformal dan Formal Di Masa Pandemi” yang diorasikan oleh Prof. Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. Psikolog.

Dalam orasinya, Kak Seto menyampaikan bahwa semua anak pada dasarnya cerdas dan senang. Tapi suasana belajar yang efektif adalah belajar yang ramah anak, belajar yang mampu membuat anak-anak gembira, membuat optimis, dan memberikan kesempatan belajar secara merdeka. Kak Seto juga mengajak agar kita memberikan ruang yang lebih luas agar anak-anak dapat terpenuhi hak dasarnya seperti hak berpartisipasi yaitu memilih gaya belajar masing-masing sesuai dengan potensi dan tipe kecerdasannya. Bisa dengan pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Sesuai dengan hasil penelitian beliau bahwa hasil dari pendidikan nonformal dan informal mampu menghasilkan manusia-manusia berkualitas unggul dimana anak-anak diberikan kesempatan merdeka belajar khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Pelaksanaan prosesi pengukuhan dilakukan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerkasama Universitas Gunadarma yaitu Prof. Dr. Didin Mukodim, MM yang secara langsung melakukan pengalungan secara simbolis sebagai tanda pengukuhan jabatan Guru Besar Universitas Gunadarma Bidang Ilmu Psikologi. Prosesi pengukuhan yang dilakukan sebelum prosesi wisuda tersebut berjalan dengan tertib dan lancar dengan protokol Kesehatan dan social distancing yang ketat.

Sidang Terbuka: Doktor Ilmu Ekonomi UG yang ke-153 dan 154

Rabu, 19 Mei 2021 Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma di ruang Auditorium Kampus F8 Universitas Gunadarma, Depok. Sidang Terbuka ini menghadirkan 2 Promovenda yaitu Trisnawati Taswin SE., MM di sesi pagi dan Rina Nofiyanti SE., MM di sesi siang.

Promovenda Trisnawati Taswin SE., MM mempresentasikan disertasinya dengan judul “Pengaruh Faktor-faktor Tingkat Kesehatan Keuangan terhadap Financial Distress dengan Tinkat Risiko sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia”. Bertindak sebagai Promotor yaitu Prof. Dr. Ir. E Susy Suhendra, MS, dan yang bertindak Ko-Promotor yaitu Dr. H. Ambo Sakka Hadmar, SE., MSi.

Sidang Terbuka: Doktor Ilmu Ekonomi UG yang ke-153 dan 154

Rabu, 19 Mei 2021 Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma di ruang Auditorium Kampus F8 Universitas Gunadarma, Depok. Sidang Terbuka ini menghadirkan 2 Promovenda yaitu Trisnawati Taswin SE., MM di sesi pagi dan Rina Nofiyanti SE., MM di sesi siang.

Promovenda Trisnawati Taswin SE., MM mempresentasikan disertasinya dengan judul “Pengaruh Faktor-faktor Tingkat Kesehatan Keuangan terhadap Financial Distress dengan Tinkat Risiko sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia”. Bertindak sebagai Promotor yaitu Prof. Dr. Ir. E Susy Suhendra, MS, dan yang bertindak Ko-Promotor yaitu Dr. H. Ambo Sakka Hadmar, SE., MSi.

SIDANG TERBUKA

Senin, 28 April 2021 Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma di ruang Auditorium Kampus F8 Universitas Gunadarma, Depok. Sidang Terbuka ini menghadirkan 1 Promovendus yaitu Noversyah, Ir., MM pada sesi pagi dan Anisyah. SE., MM pada sesi siang.

Promovendus Noversyah, Ir., MM mempresentasikan disertasinya dengan judul “Prospek Perbankan Syariah di Indonesia: Kajian Finansial dan Perilaku Konsumen”. Bertindak sebagai Promotor adalah Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM, bertindak Ko-Promotor adalah Prof. Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M.Sc.

Wisuda Daring V universitas Gunadarma

Masa pandemi Covid-19 ini, Universitas Gunadarma dengan terobosan barunya kembali melaksanakan wisuda secara daring yang kelima pada Minggu, 21 Maret 2021. Acara tersebut bertempat di kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Depok.

Seperti wisuda daring sebelumnya, format acara wisuda daring ini mengolaborasikan live broadcasting melalui UGTV dan cloud meeting melalui Zoom. Ditayangkan secara live di UGTV, TV Komunitas Pendidikan Pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin penyiaran digital dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

WISUDA DARING IV UNIVERSITAS GUNADARMA

Masa pandemi Covid-19 ini, Universitas Gunadarma dengan terobosan barunya kembali melaksanakan wisuda secara daring yang keempat pada Sabtu dan Minggu, 20 dan 21 Februari 2021. Acara tersebut bertempat di kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Depok.

 

Seperti wisuda daring sebelumnya, format acara wisuda daring ini mengkolaborasikan live broadcasting melalui UGTV dan cloud meeting melalui Zoom. Ditayangkan secara live di UGTV, TV Komunitas Pendidikan Pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin penyiaran digital dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Wisuda Daring Universitas Gunadarma Tahap III, Kampus Fakultas Kedokteran, Depok

Universitas Gunadarma Gelar Wisuda Daring ke-3 Lewat TV Komunitas UGTV

Masa pandemi Covid-19 ini, Universitas Gunadarma dengan terobosan barunya melaksanakan wisuda secara daring yang ketiga pada Sabtu dan Minggu, 30 dan 31 Januari 2021. Acara tersebut bertempat di kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Depok.

Seperti wisuda daring sebelumnya, format acara wisuda daring ini mengkolaborasikan live broadcasting melalui UGTV dan cloud meeting melalui Zoom. Ditayangkan secara live di UGTV, TV Komunitas pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin penyiaran digital dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Universitas Gunadarma Jalin MoU dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

UGTV
UNIVERSITAS GUNADARMA

Universitas Gunadarma Kembali Gelar Wisuda Daring Kedua

Setelah sukses gelar wisuda daring pertama pada bulan September lalu, Universitas Gunadarma kembali gelar wisuda daring kedua pada sabtu, 5 Desember 2020 yang bertempat di kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Depok.

Seperti wisuda daring sebelumnya, format acara wisuda daring ini mengkolaborasikan live broadcasting melalui UGTV dan cloud meeting melalui Zoom. Ditayangkan secara live di UGTV, TV Komunitas pertama di Indonesia yang telah memperoleh izin penyiaran digital dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika

Road to Mega DigiTalk: Universitas Gunadarma Gandeng GNIK untuk Indonesia Lebih Unggul

Sabtu, 7 November 2020 telah diselenggarakan acara Road to Mega Digitalk yang bertempat di Kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma, Depok. Acara tersebut mengusung tema “Akselerasi Transformasi Manusia Indonesia Unggul untuk  Mewujudkan Resiliensi dan Daya Saing Global” yang disertai dengan penandatanganan MoU antara Universitas Gunadarma dengan GNIK untuk Indonesia lebih unggul oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof Dr. E.S Margianti, SE., MM, bersama dengan Dr. Ir. YUnus Triyonggo, MM CAHRI, Ketua Gerakan Nasional Indonesia Kompeten.

 

Universitas Gunadarma Televisi

Televisi Universitas Gunadarma adalah lembaga penyiaran komunitas jasa penyiaran televisi pendidikan berbasis teknologi siaran digital dan over-the-top, dan menjadi wadah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara dan turut serta menyiapkan generasi masa depan yang terdidik dan berakhlak mulia.